Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Terbaru Netflix Demi Keamanan

Aplikasi streaming konten Netflix saat ini jadi yang palingg populer, dengan memiliki lebih dari 200 juta pelanggan di seluruh dunia.

Perusahaan pun mencari cara untuk lebih mengamankan pengguna dan bisnisnya. Salah satunya, perusahaan berencana membatasi pengguna yang tidak serumah untuk saling berbagi password.

Mengutip Ubergizmo, ada banyak orang yang menyalahi paket Family Netflix dengan berbagi akun dengan teman-teman yang tidak serumah. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya langganan.

Netflix pun menghindari hal ini dengan menguji coba fitur baru.

Menurut laporan The Streamable, sejumlah akun Netflix kini menampilkan pesan "Jika kamu tidak tinggal dengan pemilik akun ini, kamu harus login ke akun sendiri agar tetap bisa menyaksikan."

Agar pengguna bisa melanjutkan masuk ke Netflix, mereka harus memasukkan kode (semacam OTP) yang akan dikirim ke email atau SMS.

Pasalnya, persyaratan layanan Netflix telah menyatakan, akun tidak dimaksudkan untuk dibagikan kepada pengguna di luar rumah. Perusahaan pun kian serius untuk menghentikan praktik ini.

Netflix bukan perusahaan streaming pertama yang mencoba memperbaiki masalah ini. Beberapa waktu lalu, Spotify juga membatasi pengguna yang membagikan layanan Paket Keluarga dengan teman-teman yang tidak serumah.

"Pengujian ini dirancang untuk membantu memastikan bahwa orang-orang yang membuka sebuah akun memiliki otorisasi untuk mengakses akun tersebut," kata juru bicara Netflix, dikutip dari The Verge via Tekno Liputan6.com.

Hindari Akun Diakses Pihak Lain

Hal ini mungkin tidak bisa mencegah sepenuhnya upaya berbagi password, tapi paling tidak, pemilik akun bisa mengirim kode ke teman berbagi akun mereka ketika si teman mau login. Tujuannya adalah mencegah kata sandi dibagikan atau diakses ke banyak pihak.

Tidak diketahui apakah pengujian ini dilakukan hanya untuk suatu negara tertentu atau berapa lama jangka waktunya sebelum dirilis.

Namun, dengan fitur baru ini, ketika ada upaya login dari pihak lain memakai akun dan password hasil curian, mereka ini tidak akan bisa mengakses sebuah akun dengan mudah.

Langkah Keamanan Lebih Ketat

CEO Netflix Reed Hastings pernah berbicara mengenai berbagi akun Netflix di tahun 2016.

"Berbagi kata sandi adalah sesuatu yang harus dipelajari, ada begitu banyak kata sandi yang sah, misalnya ketika Anda berbagi akun dengan pasangan, anak-anak, jadi tidak ada batasan jelas dan kami baik-baik saja," kata Hastings waktu itu, ketika bicara mengenai berbagi akun.

Namun kini, tim Netflix mencoba mencari cara memerangi strategi berbagi sandi sembari menerapkan langkah keamanan lebih ketat.