Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Keamanan Mark Zuckerberg Mencengangkan

Facebook menghabiskan USD 23,4 juta atau sekitar Rp 336 miliar untuk keamanan Mark Zuckerberg pada tahun 2020. Hal ini terungkap dari dokumen yang didaftarkan Facebook ke Securities and Exchange Commission (SEC).

Biaya keamanan ini merupakan bagian dari beragam kompensasi dengan total USD 25 juta yang diterima Zuckerberg tahun lalu. Dokumen ini menunjukkan Facebook menghabiskan USD 13,4 juta untuk biaya keamanan pribadi Zuckerberg di kediamannya dan saat bepergian.

Biaya tersebut naik dibanding tahun sebelumnya di mana Zuckerberg menerima USD 10,4 juta. Ia juga mendapat anggaran tambahan sebesar USD 10 juta untuk keamanan anggota keluarganya dan biaya keamanan lainnya.

Dalam dokumen tersebut, Facebook mengatakan kenaikan biaya keamanan Zuckerberg diakibatkan protokol perjalanan saat pandemi COVID-19, peningkatan keamanan selama pilpres AS 2020 dan periode lainnya dengan peningkatan risiko keamanan, serta meningkatnya biaya untuk personel keamanan.

"Ia identik dengan Facebook, dan sebagai hasilnya, sentimen negatif tentang perusahaan kami terkait langsung dengan, dan sering dialihkan ke, Mr. Zuckerberg," tulis dokumen tersebut, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (11/4/2021).

"Komite kompensasi, pencalonan dan tata kelola percaya bahwa biaya ini sesuai dan diperlukan mengingat lanskap keamanan dan fakta bahwa Mr. Zuckerberg telah meminta untuk menerima hanya USD 1 dalam gaji tahunan dan tidak menerima pembayaran bonus, ekuitas, atau insentif lainnya," sambungnya.

Perusahaan media sosial ini juga akan mengajukan proposal di rapat pemegang saham pada 26 Mei untuk menawarkan keamanan pribadi kepada direktur non-karyawan dari waktu ke waktu. Facebook mengatakan hal ini diperlukan karena direktur mereka juga ikut disorot karena telah bergabung ke dalam dewan direksi Facebook.

Sementara itu, COO Facebook Sheryl Sandberg menerima USD 32,5 juta pada tahun 2020 yang terdiri dari gaji pokok sebesar USD 918.000, stock awards sebesar USD 14,4 juta, dan kompensasi lainnya sebesar USD 8,5 juta yang mencakup biaya keamanan sebesar USD 7,6 juta.

Tangan kanan Zuckerberg ini juga menerima bonus sebesar USD 476.593 di paruh kedua tahun 2020 karena berhasil memimpin Facebook di tengah pandemi global.