Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Twitter Sambut Hari Lahirnya Pancasila Dengan Meriah

Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni disambut dengan keramaian di dunia maya. Netizen saling memberikan semangat di tengah pandemi dengan inspirasi Pancasila.

Pagi ini trending topic Twitter Indonesia dikuasai tema-tema Pancasila. Dipantau media, pada hari Senin ada Pancasila di nomor 1 dengan 47.400 tweet. Lalu ada Indonesia dengan 178 ribu tweet.

Di bawahnya lagi ada #1juni, Gotong Royong dengan 4.504 tweet, Ketuhanan Yang Maha Esa dan Bhinneka Tunggal Ika. Tampaknya nilai-nilai positif Pancasila kena banget nih di tengah pandemi Corona.

Orang-orang jadi saling mengingatkan soal kekompakan dan persatuan. Benar banget, dalam situasi sekarang ini, tidak ada yang lebih penting daripada bersatu supaya semua selamat melalui pandemi COVID-19.

Kenapa sih mesti 1 Juni? Ada ceritanya lho. Pada 1 Juni 1945, Sukarno memberikan presentasi soal gagasan dan dasar Indonesia merdeka dalam rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di gedung Chuo Sangi In yang sekarang jadi Gedung Pancasila Kemlu, Jl Pejambon 6, Jakarta.

Sukarno merangkum 5 nilai luhur bangsa Indonesia dan diterima oleh semua pihak. Hari itu lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Nah, inilah suara para warganet menyambut Hari Lahir Pancasila di Twitter: