Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Boleh Jika Terkena ODP Menyusui Anak?

Kondisi sebagai orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19 tidak menghalangi ibu dalam memberikan ASI secara langsung ke bayi. Walau begitu, terdapat sejumlah syarat yang harus dipahami.

"Ibu berstatus ODP boleh menyusui langsung tapi dengan syarat harus menggunakan masker," kata Ketua Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Elizabeth Yohmi SpA dalam live Instagram @idai_ig beberapa waktu lalu.

Selain itu, ibu berstatus ODP COVID-19 juga perlu menjaga kebersihan diri. Yakni dengan menjaga kebersihan payudara dan tangan.

Cara menjaga kebersihan payudara, kata Yohmi, sebenarnya tidak ada yang khusus. Caranya dengan mandi biasa dengan air dan sabun.

"Tidak perlu dengan disinfektan, apalagi di payudara dan puting itu kalau kering gampang lecet," tuturnya.Sementara untuk tangan, pastikan sebelum menyusui ibu mencuci tangan yang tepat sesuai anjuran WHO.

Ibu ODP bisa melakukan IMDBagi ibu dalam status ODP saat proses persalinan, inisiasi mnyusu dini (IMD) tetap bisa dilakukan. Syaratnya harus menggunakan masker."Maskernya bedah, kalau di fasilitas kesehatan itu harus ada. Pastikan kebersihan tangan dan payudara," saran Yohmi.

Ibu ODP bisa melakukan IMD

Bagi ibu dalam status ODP saat proses persalinan, inisiasi menyusu dini (IMD) tetap bisa dilakukan. Syaratnya harus menggunakan masker.

"Maskernya jenis masker bedah, kalau di fasilitas kesehatan itu harus ada. Pastikan kebersihan tangan dan payudara," saran Yohmi.