Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kita Harus Mengeringkan Tangan Setelah Cucu Tangan

Meningkatnya persebaran virus corona telah membuat banyak orang melakukan upaya untuk mencegahnya. Salah satu cara yang disebut paling ampuh adalah dengan cuci tangan secara tepat.

Banyak cara beredar mengenai bagaimana seharusnya mencuci tangan agar bakteri dan virus tidak menempel. Walau begitu banyak yang tidak menyadari bahwa selain mencucinya, mengeringkan tangan juga merupakan hal yang penting dilakukan.

Mengeringkan tangan memiliki manfaat yang tak pentingnya dibanding mencuci tangan. Ketika kamu melakukannya secara tidak tepat, hal ini bisa berujung masalah kesehatan atau malah memupuskan upaya cuci tangan yang kamu lakukan.

Dilansir dari Medical Daily, menurut sebuah penelitian di Journal of Infection Prevention pada tahun 2018, tangan basah bisa menjadi penyebab masalah kesehatan. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi maupun kontaminasi dari lingkungan sehingga sangat penting untuk mengeringkan tangan dengan tepat.

Pada dasarnya, perpindahan bakteri lebih mungkin terjadi ketika tangan berada dalam kondisi basah. Hal ini terjadi karena bakteri tinggal pada lingkungan yang lembap.

Mengeringkan tangan secara tepat bisa menghilangkan risiko negatif perpindahan bakteri karena kelembapan. Tak hanya itu juga, mencuci secara berlebihan juga bisa menghilangkan minyak alami di kulit yang membuatnya jadi kering dan pecah-pecah.

Ketika kulit pecah ata terkelupas, masalah yang terjadi mungkin semakin melimpat. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah tertular atau terinfeksi masalah tertentu.

Cara Mengeringkan Tangan yang Tepat

Pada toilet-toilet di pusat perbelanjaan, pengering tangan berupa warm air dryer atau tisu kertas bisa digunakan. Pastikan untuk menggunakan tisu kertas sekali pakai dibanding lap karena risiko penularan bakteri.

Menjaga kebersihan tangan merupakan hal penting tak hanya ketika wabah merebak seperti saat ini namun juga pada kehidupan sehar-hari. Oleh karena itu, selalu perhatikan untuk cuci tangan dan mengeringkannya secara rutin setiap hari.