Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Membacakan Dongeng Pada Anak?

Mengawasi dan menjaga perkembangan anak tidak cukup hanya melalui asupan nutrisi yang diberikan. Bentuk hubungan dekat berupa memberikan cerita atau dongeng pada seseorang juga bisa berdampak positif.

Salah satu bentuk stimulasi yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan memperkenalkan dongeng sejak dini kepada anak. Menurut psikolog klinis, dra. Ratih Ibrahim, M.M., ada banyak manfaat yang didapatkan ketika orangtua membacakan dongeng pada si kecil seperti menstimulasi kemampuan bahasa, perkembangan imajinasi, berpikir logis dan kritis, serta meningkatkan daya ingat dan pemahaman.

Mendongeng stimulasi yang menyenangkan, orangtua bisa berinteraksi dengan anak, bonding antara orangtua dan anak, ujar Ratih.

Psikolog, Ratih Ibrahim, juga mengatakan beberapa manfaat mendongeng lainnya, seperti:

1. 1. Karakteristik Anak

Mendongeng dalat membentuk karakteristik pada anak. “Dongeng jadi cara luar biasa efektif untuk membangun karakteristik anak, seperti mengajak anak berfikir dengan menyenangkan. Kita juga bisa mengajarkan moral-moral pada anak,” ujarnya.

2. 2. Membuat Anak Belajar Banyak

Psikolog Ratih mengungkapkan, dongeng cara stimulasi anak belajar banyak. Dari dongeng anak akan lebih berani mengeksplore, berani melangkah. Alhasil anak pun hadi lebih kreatif.

3. 3. Kepemimpinan

Anak-anak akan belajar permasalahan lewat dongeng tersebut, jadi si kecil berani menghadapi tantangan. Anak-anak juga belajar tokoh-tokoh dalam dongeng tersebut, membuatnya memiliki jiwa kepemimpinan.

4. 4. Kepedulian

Dalam dongeng tentu banyak pesan moral dan amanat yang membuat si kecil belajar menjadi peduli dengan orang lain.